Bab 9 : Praktika Lintas Bidang Informatika - Alfian 7A (3)

 Praktika Lintas Bidang Informatika

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Hari ini saya akan membahas pratika lintas bidang informatika

Apersepsi :

Tiap hari di kegiatan kalian, kalian tidak akan lepas dari artefak komputasional. Artefak komputasional ada di sekitar kita, mulai dari ponsel yang kita pakai, lampu lalu lintas, CCTV di sekolah,dll. Artefak komputasional terus berkembang untuk membantu manusia dalam kehidupan sehari untuk menyelesaikan permasalahannya. disini kita akan belajar untuk menggabungkan pengetahuan yang didapat sebelumnya untuk membuat artefak komputasional dengan menyadari atas hak atas kekayaaan intelektual.

Artefak komputasional :

Artefak Komputasional adalah objek yang diciptakan sebagai hasil berpikir komputasional. Objek ini dapat berupa: kode program, aplikasi, situs web, dll. Artefak komputasional di kembangkan melalui proses kreatif menggunakan perkakas dan teknik komputasi untuk menyelesaikan masalah tertentu. Proses pengembangan artefak komputasional melalui proses iteratif yang merefleksikan ide dan kreatfitas penciptanya untuk membuat sesuatu menjadi lebih efektif, efisien, indah, menarik, dan lainnya.

Makey - makey :

Makey Makey adalah papan sirkuit elektronis yang ditemukan oleh Eric Rosenbum dan Jay silver. mereka menciptakan Makey Makey karena mereka percaya bahwa setiap orang pada hakekatnya kreatif, inovatif, dan imajinatif Nama makey sendiri diambil dari kata “make” (membuat) dan “key” (kunci/tombol) Makey Makey sendiri adalah papan sirkuit yang dapat dihubungkan ke komputer dan dapat berfungsi seperti keyboard.

Bagian makey - makey :

Makey Makey memiliki enam lubang masukan bukan ground dan enam lubang ground di bagian depan papan. Lubang bukan ground di bagian depan tersebut dapat digunakan untuk menggantikan tombol-tombol. Lubang tersebut dapat dihubungkan dengan klip buaya. Papan Makey Makey memiliki 12 masukan lainnya di bagian belakang, 6 untuk tombol keyboard, dan 6 untuk gerakan mouse, yang dapat diakses dengan jumper/kabel bantuan.

Cara menggunakan makey - makey :

1. Tancapkan sisi kecil USB ke Makey Makey, dan sisi besar dihubungkan ke Komputer

2. Ambil kabel dengan penjepit buaya. Hubungkan dengan earth/ground di Makey Makey di satu ujung, dan peganglah ujung logam lainnya dengan tangan

3. Cobalah membuat teks Makey Makey pada aplikasi word, letakkan kursor di antara huruf a dan k selanjutnya sentuhlah tulisan "Space" bundar pada Makey Makey.

4. bukalah program piano pada tautan di http://makeymakey.com/ piano untuk mengakses aplikasi piano sederhana yang dirancang untuk Makey Makey. 

5. Aktifkan aplikasi piano, dengan mengklik kiri halaman web di atas dan ujicobalah makey - makeynya

Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey:

Makey Makey adalah papan sirkuit elektronis yang ditemukan oleh Eric Rosenbum dan Jay silver. mereka menciptakan Makey Makey karena mereka percaya bahwa setiap orang pada hakekatnya kreatif, inovatif, dan imajinatif Nama makey sendiri diambil dari kata “make” (membuat) dan “key” (kunci/tombol) Makey Makey sendiri adalah papan sirkuit yang dapat dihubungkan ke komputer dan dapat berfungsi seperti keyboard.

Aktivitas unplugged : bermain strategi 

Aktivitas ini adalah aktivitas unplugged dengan permainan bernama “Tentukan Langkahmu!”. Permainan ini mengandung aspek PLB dalam konteks melakukan abstraksi dan berpikir membangun algoritma untuk menyelesaikan masalah. Permainan ini bernama “Tentukan Langkahmu!”, dapat dimainkan oleh 2-6 orang peserta. Pada permainan ini, setiap pemain akan memulai permainan pada kotak “Mulai” dan pemenang dari permainan ini adalah pemain yang mencapai kotak “Selesai” terlebih dahulu

Langkah - langkah permainan
  • Setiap pemain memilih satu kartu berwarna untuk dijadikan karakter yang akan diarahkan untuk menuju kotak “Selesai”.
  • Karakter pemain disimpan pada kotak A1.
  • Arah panah karakter pemain dapat menghadap vertikal/horizontal.
  • Setiap pemain dipersilakan menentukan arah awal karakternya,
  • Kartu penunjuk arah diacak, dan diletakkan pada tumpukan dalam keadaan tertutup.

    Berikut adalah video bab 9 : pratika lintas bidang informatika
    https://youtu.be/sEhPUgtybJs

    Sekian dari saya mohon maaf jika ada kesalahan
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



Comments

Popular posts from this blog

Bab 5 : Jaringan Komputer dan Internet - Alfian 8B

Alasan saya masuk Labschool Jakarta